Sabtu, 20 Juni 2015

My almost one year as Engineering Student

Masih gue ingat pertama kali gue dengan gugup dan gemetar ikut PMDK UMM dengan pilihan jurusan 1 Teknik Informatika dan pilihan ke 2 Pendidikan Bahasa Inggris. kok jauh yah? Iya nih ceritanya dulu gue debater pas di SMA yah semacam milih jurusan realistis gitulah pokoknya. 

Jujur yah awal masuk di IT gue itu gatau apa-apa :') apa itu coding? Pemrograman? makanan macam apatuh :p . satu-satunya skill yang gue punya cuman matematika haha :p yah waktu semester 1 cuman ngandelin bisa kalkulus hahaha :p.

Awal-awal di Informatika kita bakalan belajar Pemrograman Terstruktur yaitu ngoding dengan Bahasa C++ disini pertama kali aku bingung ini apasih? kok tanda ";" mesti disertain diakhir program? gunanya apasih ini? dan hal-hal nerd lainnya haha.

Jadi, gue tanya sama dosen gue yg super jahat dimana tempat les ngoding alhasil gue disuruh ngoding didepan beliau dengan arahan-arahan dan lucunya gue bisa-_- .
btw gue mau ngucapin terimakasih sebesar besarnya buat Bapak "Hardianto Wibowo" yg paling jahat se IT UMM namun sebenarnya ngajarin kita biar punya "mental juara" ehehehe *peace*

Dari progstur gue belajar survive di Informatika dari yang awalnya gue itu kekanak-kanakan yang manja luar biasa sampai bertahan sejauh ini kurang lebih 1 tahun. hehehe
hal-hal yang gue pelajari saat jadi mahasiswi IT selama satu tahun bakalan gue jabarin satupersatu :p

1. Gue bisa lebih bersyukur :)
yah kalian pasti sering denger kata-kata ini "kamu cewek tahan banget di teknik?" atau apapun yang menjatuhkan semangat. dari sana gue bersyukur sama Allah SWT gue bisa dandan kayak cewek-cewek fakultas lain tapi cewek fakultas lain gak bisa ngoding kayak gue hahaha :p. gue terbiasa kerja underpressure ngejar dateline tugas besar ataupun project-project yang Alhamdulillah kalo orang banjar bilang bikin pusang haha.

2. Kesabaran bakal terlatih
Gue gak guyon ini di teknik bakalan ada saatnya lo nungguin dosen entah buat alasan mau mendemokan progress tugas besar atau mau mendemokan quiz ke kantor jurusan dan lo udah berjam-jam nungguin abis itu dosen bilang "besok aja ya saya masih sibuk". Disitu gue teringat omongan Pak Maskur dosen Pemrograman Web di IT UMM. FYI : gue iseng masuk ke kelas semester 4 dan gue jujur aja masih semester 2 haha :p.
Beliau bilang "Kalo kita yang perlu itu jangan mengeluh" dan itu yang terusss gue pegang Insha Allah sampai S.Kom kelak Aamiin :).

3. Cewek Teknik bakalan jarang baper!
Apalagi kalo lo anak Teknik Informatika yang apa-apa ditutut mikir sama logika dulu daripada perasaan hahaha :p lo bakalan jarang kena PHP karena udah terlatih buat strong :p . tapi balik lagi ke cewe nya juga sih-_- *gue mulai labil*.

4. Lebih multitasking
Selain lo ngerjain hal-hal ke teknikan yang notabene adalah kerjaan laki-laki tapi sebagai cewe lo juga mesti bisa masak, bisa nyuci baju, bisa jaga kebersihan karena ntar lo bakalan jadi isteri dan jadi ibu jadi secara gak langsung cewe teknik itu multitasking dan menantu idaman *eheemmm ehemmm* rapihin jilbab nih :p.

5. Solidaritas Tinggi
Banyak kan kita temui diperkuliahan kadang si pintar gak mau disaingi makanya kadang kalo dosen nginfoin sesuatu nyampeinnya mepet-mepet ataupun kadang sama tugas pelit kasih liat kerjaannya tapi bakalan jarang lo temui di teknik. Alasannya cuman dua karena emang solidaritas atau takut ntar gaada yang bantuin pas dalam kesusahan karena kuliah itu kayak roda berputar kadang kita diatas kadang dibawah :p.

6. Berfikir out of the box
Jangan fikir anak teknik itu kaku yah :p karena kebanyakan kami itu konyol because sometimes environment press us to think out of the box :p saking outnya sampai kadang liarrr hahaha tapi itulah seninya.

7. Sering disebut "gak peka"
Bukan hanya cowo tapi cewenya juga percaya deh kita itu gak ada maksud apa-apa kita emang sibuk sama tugas besar dan hal hal lain. tapi kita setia kok :p.

Terlepas dari mahasiswa jurusan apapun elo pesan gue cuman satu deh buat maba-maba ketjeh ntar "Jangan Mengeluh" percaya deh! semuanya lebih berat pas lo mengeluh



 

0 komentar: