Jumat, 17 April 2015

Yang Menjaga Kelak Akan Dijaga

Ini masih terkat sama post gue sebelumnya yang gue cerita tentang gue ikut konseling di UPT. Bimbingan Konseling :))) entah kenapa gue ngerasa "hal" yang bersifat rahasia ini perlu aja gue share ke kalian siapa aja yang mampir baca tulisan ecek-ecek ini. hehehe^^.

Jadi, menurut hasil analisa dari psikolognya adalah, menurut gambar yang gue gambar intrepertasinya *betul gak sih tulisannya?, kalo salah koreksi yah* hehe. Gue ini punya trauma di masa lalu. Pas gue flashback dan cerita lagi sama Psikolognya gue sejak TK-SMP pernah jadi korban bullying. Oke gue bakalan cerita bullying apa yang gue dapet sejak TK-SMP yah!.

Bullying yang gue alami pas TK. Jadi gue itu dulu dititipkan sama Ibu gue bukan ke Play Group atau Penitipan Anak yang resmi gitu ya, jadi kaya ada Ibu-Ibu kepercayaan gitu lah, karena Mama gue PNS dan Bapak TNI kan jadi dirumah gak ada orang gitu, karena gue sama kakak bedanya 6tahun jadi dia sekolah juga pas gue TK gitu.

Jujur, gue sering dimarahin, diteriakkin keras gitu, sampai dicubit pokoknya gue dapet perlakuan kasar lah, emang gak melulu perlakuan kasar yang gue dapet ada kalinya Mama asuh gue baik, jujur kadang tuh gue takut kalo berbuat salah takut kena samber huhuu.

Bukan hanya itu, di sekolah temen-temen gue sering nyubit gue, pokoknya semau nya nginjek gue, gue maunya sih balas tapi gue gak berani, gue polos banget sumpah!

Terus kalo kalian tanya "Emang lo gak ngadu sama Mama lo?" gue ngadu kok, sampai nangis-nangis gak mau sekolah gak mau dititipin lagi, sampai pas dianter tuh gue nangis pokoknya gak mau! MAUNYA SAMA MAMA TITIK!. Tapi at that time Mama bisa apa? dia mesti kerja demi gue juga kan.

Saat itu lagi-lagi gue ngerasa Mama gue jahat! gue gak mau munafik, karena emang itu yang gue rasain :)))

Lanjut pas SD, jadi dulu tuh gue sempet minder masuk kelas karena gue sempet kena penyakit kulit gitu kalo orang banjar bilang "korengan" sama gak sama bahasa indonesia? sorry banget kosakata bahasa indonesia gue masih perlu ditambah database nya hahaha. Jadilah gue sebagai anak yang minder dan kurang percaya diri. setelah itu gue pindah sekolah karena pindah rumah, saat itu gue ngerasa bakalan lebih baik karena beda sekolah automatically kan beda temen lagi, ternyata gue salah :)) 

Gue di bully karena sering dianggap sok cantik, dan kecentilan pokoknya gue di bullying habis-habisan dari rok gue dipelorotin temen cowok untungnya gue pakai celana panjang didalam :'))).

oke fix itu doang yang gue bisa bagi pas SD yah :') gue ga sanggup nginget semuanya.

Pas SMP sih agak mending yah bullying sekedar kalo lagi berantem sama satu orang satu geng gak mau ngomong atau deket-deket gue, intinya begitulah. Tapi akhirnya baikan lagi yah gitu dah siklus masa labil SMP pokoknya.

Dari cerita gue diatas, banyak hal-hal yang terjadi di masa kecil gue, pas udah sekarang gue pengen banget ngulang masa lalu, gue pengen balas semua yang mereka lakuin ke gue :)) tapi Allah berkata lain, hikmah gue gak nge balas mereka ada kok :) akhirnya di SMA gue termasuk murid berprestasi, dan aktif organisasi juga :)) karena kenapa ?? yang menjaga kelak akan dijaga dan gue udah dijaga sama Allah SWT :)) gue bersyukur kalo ingat lagi masa itu.

Pas gue cerita ini ke Psikolognya, beliau bilang "Dengan pengalaman kamu, harusnya kamu bisa dong kematangan emosinya lebih baik" tapi gue gak sepenuhnya mengiyakan itu, karena menurut gue sendiri kalo psikis yang udah "sakit" itu susah banget di obatin karena itu mendalam lukanya. Beda kalo gue sakit fisik yah tinggal bedrest, makan yang sehat, yasudah sembuh:))

Bagi yang punya cerita sama, kamu gak sendiri kok :)) I know how it feels. Dari gak mau ketemu orang, minder luar biasa, sampai ngalamin ilusi yang luar biasa bikin lo ketakutan :)) gue ngalamin itu diwaktu kanak-kanak kok.

Tapi buktinya ? Gue bisa survive kok! Gue bisa jadi juara kelas, gue bisa juara debat bahasa inggris, gue bisa aktif di organisasi, IP gue bagus :)) nothing impossible guys :)

Banyak hal luar biasa dari kata "Yang Menjaga Kelak Akan Dijaga" buat hidup gue :)) kesalahan di masa lalu gue perbaikin satu-persatu gue kasih waktu diri gue feedback, apasih yang bikin gue dapat perlakuan gak enak itu? 

Gue inget-inget mungkin ada perkataan gue yang bikin orang sakit hati, karena jujur mulut gue ini lebih pedes daripada Sambel Deso :P haha karena gue manusia biasa.

Gue mah gitu orangnya :p suka ceplas ceplos. itu juga sempet gue bilang ke psikolognya dan mungkin saat gue ngomong itu psikolog gue mikir gini "syukur ni anak sadar" hahaha kan beliau dosen gue juga as I said before :p

Selain itu yang buruk dari gue mungkin gue ini orangnya PHP, kadang suka batalin janji, jujur bukan karena apa-apa bukan karena sengaja, karena gue ini moody kalo mau, mau banget, kalo males gue masa bodo. sampai salah satu dosen ESP gue, Miss Nisa bilang gini "Sovi kamu moody banget ya, kalo gak mau ngerjain tugas yah gak mau" hahaha dengan polos gue jawab "Iya miss, saya gabisa dipaksa" hahahaa *curcoll bahh*

Sekarang usaha gue perbaikin semuanya, menata lagi pola pikir dari awal sih cuma pakai this powerful statement "Be Positive" haha, gue suka ngomong yah gimana caranya yang gue omongin bermanfaat? Salah satu usaha gue adalah daftar aslab! serta jadi ketua kelompok belajar gimana biar bisa transfer ilmu ke adek-adek maupun temen seangkatan deh :)))

nah gue mau negasin lagi nih, kalo one day kamu dapat perlakuan buruk dari orang hal pertama yang kamu lakuin jangan langsung masukin ke hati lalu jadi penyakit hati :)) pertama kamu feedback ke diri sendiri apa yang udah kamu lakuin sampai orang lain begitu?

Karena gak ada asap kalo gak ada api toh? :)) . Kalo pas udah kamu ngerasa kamu udah baik-baik aja tapi entah kenapa itu semua kejadian, cukup tau senyumin aja, dan jangan dibalas :)

Kenapa jangan? selain bedain kamu sama orang yang jahatin kamu, percayalah orang yang ngerendahin kamu gak bakal buat dirimu rendah.

Mengintip pengalaman gue, Allah itu MAHA ADIL buktinya? orang yang duku ngebully gue, sekarang hidupnya gak karuan kok. percayalah saat kamu disakiti coba untuk doakan agar yang bersangkutan dibuka kan pintu taubat :) 
 
In the end, doa gue sama Allah cuman satu gue mau dijodohkan sama orang yang benar-benar sabar menghadapi gue, karena ga semua bisa menerima gue sebagai "korban kekerasan mental" yang gue sendiri ngerasa secara psikis gue belom sembuh total :)). Gue mau membangun semua sama suami gue kelak dari awal, gue mau perbaikin kesalahan Mama gue yang nitipin gue ke orang, gue mau urus anak gue sendiri, gue mau jadi sahabat terbaiknya kelak :))

Dan gue punya prinsip "gue bisa jadi wanita karir, sekaligus full time mother" karena gue orangnya lumayan goal oriented jadi yah gue gak mau membatasi diri, karena gak ada yang gak mungkin kan :)

akhir kata selamat malam :))

Quote malam ini "Percayalah kamu adalah apa yang kamu fikir, bukan orang lain ucap, kamu cantik, kamu baik, tidak tergantung dari seberapa banyak likes foto di instagrammu atau apapun itu"

0 komentar: